Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polresta Barelang peduli dengan keselamatan penambang boat pancung Jembatan I Barelang, Sabtu (16/11). Penyerahan Life Jacket diserahkan lansung oleh Wakasat Satpolairud, Iptu Marganda dan Kanit Gakum Ioda Waletr. Penyerahan diterima langsung oleh Ketua Komunitas Satuan Penambang Tanjung Penarik Mandiri (PTPM), Pancung Wisata antar pulau Jali didampingi wakil ketua Yudi.

Yang tergabung dalam penarik pancung wisata ini ada 23 anggota. Dengan adanya bantuan dari Polairud Polresta Barelang kami penarik pancung saangat terimaksih. Apalagi bantuan life jaket ini sangat penting untuk keselamatan kami dan turis yang kami bawa keliling laut Jembatan I Barelang. Sekali lagi kami terimaksih kepada Satpolairud semoga jaya selalu Satpolairud kedepannya, ujar Jali.

Wakasat Polairud Polresta Barelang, Iptu Marganda mengatakan, bantuan life jacket ada 50 an lebih yang kita kasih ke penambang boat wisata. Bantuan ini dalam rangka menyambut HUT Polairud yang ke-69. Dengan bantuan life jacket ini semoga bermanfaat bagi mitra kita ini. “Kami samgat peduli keselamatan mereka, apalagi mereka ini beraktifitas dilaut dan mebawa penumpang berwisata. Sekali lagi semoga life jacket ini dipergunakan sat beraktifitas di laut. Dan pembagian life jacket ini bekerja sama antar Polairud Polresta Barelang dan Melayu raya, ujarnya.

Sebelumnya Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polresta Barelang membagikan  100 paket sembako kepada masyarakat dan nelayan di Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Kota Batam.

Pembagian dilakukan di atas laut saat nelayan dan masyarakat Pulau Bukuh sedang melakukan aktivitas melaut, baik menangkap ikan ataupun yang sedang berlayar ke pulau lain.

“Semoga jaya selalu Polri. Kami nelayan pulau Buluh akan mendukung penuh kinerja Polri khususnya Polairud dan Polsek Batuaji. Semoga semakin jaya kita semua,” ujar ketua RT 09/RW 03 Pulau Buluh, Mastura. Kamis (14/11/2019).

Kata dia, masyarakat berharap pihak kepolisian lebih rutin mengawasi lingkungan tempat tinggal dan mata pencarian mereka.

Sehingga, terhindar dari gangguan-gangguan yang menghambat aktivitas mereka.

“Selama ini memang cukup baik pengawasan tapi sebagai masyarakat kami tetap berharap agar lebih maksimal lagi,” ujar Nasir warga Pulau Buluh.

“Terus terang di sini banyak pulau-pulau kecil yang bisa jadi cela bagi mereka yang ingin melakukan tindakan illegal,” paparnya lagi.

Kasat Polairud Polresta Barelang, AKP Syamsurizal, mengatakan, pihaknya bersama jajaran polsek Batuaji akan lebih maksimal melakukan patroli atau penindakan terhadap pelanggar hukum untuk tetap menjamin keamanan masyarakat di pulau-pulau sekitar Kota Batam.

Ia juga berpesan agar masyarakat dan nelayan menjaga situasi lingkungan yang kondusif dan selalu menggunakan jaket pelampung saat berlayar.

“Aktivitas kita di sini umumnya di laut. Jangan anggap sepele dengan alat pengamanan,” ujarnya.