Mansar, 55, nelayan Tanjungriau, Sekupang, Batam, Kepri melaut mencari ikan menggunakan mesin honda 6,5 HP/PK berbahan bakar gas elpiji 3 kilogram dari bantuan Pertamina.

Pertamina memberikan bantuan konverter Kit kepada nelayan di Kepulauan Riau dan Sumatera Utara sebanyak 1.471 konverter kit.

Di Batam, sebanyak 429 paket dibagikan ke beberapa pelabuhan rakyat yang ada di Batam, tepatnya di Tanjung Riau, Pandan Bahari, Tanjung Piayu, dan Gundap.

Di Sumatera Utara sebanyak 1.042 paket, yang tersebar di Kabupaten Labuhan Batu 197 paket, Kabupaten Tapanuli Tengah 420 paket, Kabupaten Labuhan Batu Utara 59 paket, Kabupaten Mandailing Natal 315 paket, dan Kabupaten Samosir 51 paket.

Jenis bantuan yang diperuntukan bagi nelayan kecil di Kepulauan Riau dan Sumatera Utara terdiri dari regulator untuk tekanan tinggi pada tabung LPG, regulator untuk tekanan rendah untuk tabung LPG, selang karet untuk mesin, tabung LPG 3 KG, serta konverter kit BBM ke BBG dan mesin kapal.

Dengan bantuan ini nelayan kecil sangat berterima kasih. Nelayan kecil sangat terbantu sekali biaya operasional mencari ikan menjadi hemat. Perbandingannya delapan liter bensin satu tabung gas tiga kiligram elpiji. Jadi dengan bantuan pertamina ini bisa hemat 50 persen.

 

Foto dan Teks : Dalil Harahap/Batam Pos