Ricky Bintang Perdana,16, salah satu putera terbaik Kota Batam yang berhasil lolos mewakilkan Kota Batam untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Senin,(19/8).

Bintang sapaan nya, merupakan siswa kelas XI Ipa di SMAN 1, Sekupang. Dan anak pertama dari Kanit Reskrim Polsek Batuaji Iptu Melki Sihombing. Saat Batampos wawancarai nya melalui sambungan telpon, ia menceritakan pengalamannya hingga menjadi salah satu siswa terpilih lolos Paskibra tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

“Awalnya saya memang minat dalam hal baris berbaris dan mengikuti ekskul Paskibra lalu bercita-cita sebagai salah satu bagian dari tim Paskibra,”katanya, Senin, (19/8).

Lanjutnya, akhirnya ia diberi kesempatan mewakili Kota Batam untuk tingkat Provinsi Kepri, untuk tahap seleksi melalui beberapa rangkai tahapan. Pertama calon Paskibra diambil dari seluruh SMAN se Kota Batam. Dari sekolahnya yakni SMAN 1diikuti 52 peserta, lalu terpilih lima orang dari sekolah untuk tingkat Kota Batam, lalu satu orang yakni Ricky Bintang yang terpilih mewakilkan tingkat Provinsi Kepri.

“Seleksi nya sangat ketat, dari SMAN 1 saja peserta mencapai 52 peserta, bersyukur menjadi salah satu yang mewakilkan Provinsi,”ujar Siswa kelahiran Pekanbaru tersebut.

Bintang, yang juga hobi bermusik menceritakan masa-masa ia di karantina selama 21 hari di Pemko Batam. Selama proses seleksi tersebut para peserta benar-benar ditempa secara mental dan fisik.

“Intinya kami para peserta Paskibra benar-benar dididik secara fisik dan mental. Pengalaman, tentu bangga karena terpilih, bisa bertemu dari daerah lain,”katanya.

Ia bercita-cita kedepannya setelah lulus di bangku SMAN ia ingin melanjutkan masuk tes ke AKPOl. Ia berterima kasih banyak kepada kedua orang tuanya dan juga pihak sekolah SMAN 1.

Iptu Melki Sihombing selaku ayah dari Bintang memberikan sedikit memberikan tips mendidik sang anak. Yakni dengan pengawasan orang tua terhadap anak mulai jadwal aktifitas keseharian,

“Pengawasan bukan dalam artian dikekang, pahami minat sang anak
‌dan yang penting harus di support, jaga
‌sopan santun, dan attitude ketika diluar,”ujarnya saat ditemui di Polsek Batuaji, Senin, (19/8).

Selain itu, saat di rumah disela kesibukan menyempatkan untuk mendukung keinginan sang anak. Maka diajarkan dasar baris berbaris.

“Sebab sebagai orang tua kita harus bisa pahami minat sang anak,”pungkasnya.

 

Teks dan Foto : Dalil harahap/Batam Pos