Banyak lahan perkebunan agrowisata yang selama cukup menggaet minat wisatawan digusur untuk kepentingan pembangunan.

Perkebunan jambu Marina misalnya, terancam digusur untuk kedua kalinya. Perkebunan agrowisata yang berada persis di samping gerbang kawasan wisata terpadu Marina dari arah Tanjungriau ini dikabarkan akan digusur dalam waktu dekat ini. Perkebunan ini masuk dalam row jalan perumahan yang akan dibangun oleh salah satu pengembang di belakang perkebunan.

Padahal perkebunan yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan ini baru saja pindah dari lahan pertama mereka dekat kawasan perhotelan di Marina. Kebun yang baru tiga bulan dirintis itu harus siap-siap pindah lagi jika memiliki lahan di tempat lain. Jika tidak maka perkebunan itu akan hilang selamanya.

“Belum tahu lagi mau pindah kemana. Belum ada lahan baru. Ini mau digusur karena masuk row jalan perumahan yang mau dibangun di belakang perkebunan ini,” ujar Sunarti, seorang pengelolah perkebunan jambu agrowisata Marina, Jumat (5/4).

Saat ini pengelolah perkebunan jambu itu hanya pasrah menunggu waktu penggusuran. Mereka tak bisa berbuat banyak sebab pengembang yang akan menggusur perkebunan itu mengaku telah mengantongi perizinan dari instansi pemerintah terkait.

Foto : Dalil Harahap/Batam Pos