Bank Indonesia (BI) mengedarkan uang baru sebanyak Rp 4,5 miliar lewat kegiatan kas keliling ke enam daerah berstatus terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri), Riau dan Sumatera Utara (Sumut). Tujuannya untuk menegakkan kedaulatan Indonesia dan menumbuhkan rasa nasionalisme di wilayah perbatasan.

Rombongan kegiatan kas keliling ini terdiri dari pegawai BI yang dikawal oleh anggota TNI AL. Mereka berlayar dengan KRI Lepu dari Dermaga Pelabuhan Batuampar, Rabu (27/3).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 27 Maret hingga 2 April mendatang, KRI Lepu ini akan singgah ke enam pulau yakni Tanjungbatu, Kundur, Selat Panjang, Rupat, Panipahan, Bengkalis dan berakhir di Belawan.

Direktur Pengelolaan Uang Kantor Pusat BI, Luctor E. Tapiheru mengatakan kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2011. BI melaksanakannya sesuai dengan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 7/2011 tentang mata uang. Bank Indonesia diberi tugas untuk mengedarkan alat pembayaran tunai ke seluruh NKRI untuk kebutuhan masyarakat, paparnya.

Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos