Satreskrim Polres Tanjungpinang meringkus dua pelaku jambret, RH, 24 dan HH, 16 di kawasan Kijang Lama Batu 6 Tanjungpinang, Jumat (7/12) malam. Polisi juga mengamankan barang bukti dua unit ponsel hasil jambret dan satu unit motor yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya.
Dua pelaku berhasil ditangkap setelah keduanya akan menjual dan mengunggah ponsel hasil jambret di media sosial. Lalu polisi melacak keberadaan dua pelaku dengan menghubungi salah seorang pelaku untuk membeli ponsel yang dijual.
Saat melakukan aksinya, dua pelaku selalu mengincar korban yang berkendara di malam hari. Pelaku mengincar korban khususnya perempuan yang meletakkan tas di bagasi depan sepeda motor. Mendapat target, pelaku langsung mengikuti korban. Tiba di tempat sepi, dua pelaku langsung melancarkan aksinya. RH yang merupakan resedivis kasus pencurian, bertugas memantau dan mengendarai sepeda motor, sedangkan HH bertugas merampas barang-barang milik korban. Setelah berhasil melancarkan aksinya, kedua pelaku langsung kabur. Hasil jambret berupa ponsel dijual pelaku. Sedang hasil jambret berupa uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Sebelumnya diketahui, seorang ibu rumah tangga (IRT), Meti Yuli, 35 menjadi korban jambret di jalan Aisyah Sulaiman Batu 8 Dompak Tanjungpinang, Kamis (6/12) sekitar pukul 20.00 WIB. Dua pelaku berhasil membawa kabur tas korban yang berisi ponsel, uang tunai Rp700ribu serta surat-surat dan dokumen penting.
Foto & Teks : Yusnadi Nazar/Batam Pos